Minggu, 13 Februari 2011

Tips Merawat Kesehatan Gigi


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anda dan mendapatkan gigi yang putih bersih alami. salah satu cara yang paling mudah dan umum dilakukan adalah rajin menggosok gigi sebelum tidur malam dengan pasta gigi yang tepat. Dengan perawatan yang tepat pada gigi kita dapat terhindar dari berbagai masalah gigi dan gusi seperti gigi berlubang dan karang gigi serta masalah bau mulut.
Berikut adalah langkah mudah untuk merawat gigi anda agar tetap sehat.
1. Kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
Dengan demikian, begitu terbentuk lubang di gigi akan lebih cepat diketahui dan dirawat. Sebab lubang yang biasanya terbentuk di bagian samping (diantara 2 gigi), sulit untuk dideteksi sendiri. Berbeda dengan lubang yang terletak di tengah-tengah gigi yang langsung terlihat. Selain itu rutin periksa ke dokter gigi juga bisa membantu anda membersihkan karang gigi yang menempel.
2. Kurangi makanan yang sifatnya lengket di gigi karena mudah sekali menimbulkan plak.
Makanan yang lengket itu tidak hanya terdiri dari permen atau cokelat, tapi juga makanan berkarbohidrat tinggi seperti mie atau berbagai jenis fast food. Lebih baik banyak makan buah dan sayur.
3. Jangan lupa menggosok gigi sesudah makan.
Umumnya yang diingat orang adalah menggosok gigi ketika bangun tidur. Padahal yang penting adalah sesudah makan, terutama sebelum tidur. Sebab sewaktu tidur, air ludah kita berkurang sehingga kuman cenderung berbiak sebanyak-banyaknya.
4. Gosoklah gigi Anda dengan cara yang benar.
Pada waktu menggosok gigi, terkadang kita melakukannya sambil melamun atau menonton TV. Akibatnya, tanpa sadar bulu sikat menekan gigi terlalu kuat sehingga gusi naik dan gigi pun terkikis di bagian leher gigi. Pada akhirnya mudah terjadi lubang pada leher gigi.
5. Bagi ibu-ibu yang sedang hamil, setiap kali habis muntah sebaiknya segera menggosok gigi atau berkumur sebanyak-banyaknya.
Sebab muntahan biasanya becampur dengan asam lambung. Kalau kurang bersih saat berkumur, maka sisa muntahnya mudah menempel di sela-sela gigi yang bisa merusak email lalu lama-kelamaan berlubang.

6. Karang gigi yang terbentuk harus secepatnya dibuang
7. Gigi yang berlubang harus secepatnya ditambal.
Selain cara diatas masih banyak cara lain untuk menjaga kesehatan gigi anda. sebaiknya jangan lupa untuk kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jika anda rajin menjaga kesehatan gigi maka anda bisa mendapatkan gigi putih bersih alami dengan nafas segar dan tentu senyum anda semakin menawan bukan?

1 komentar:

  1. Permisi Mas, perkenalkan saya Widodo. Saya mau mengajak mas tukaran link, karena sepertinya tulisan kita ada yang senada. Yaitu mengenai Menjaga Kesejatan Gigi:

    http://agungfarma.com/?p=124

    Kalau mas berkenan untuk tukaran link, bisa hubungi saya di: 083181710859
    Ditunggu kabarnya ya mas

    BalasHapus